Kamis, 20 November 2014

Hunger Games - Mockingjay . Part 1 [movie review]


Sekali lagi kita di Indonesia diuntungkan karena bisa menyaksikan premier film box-office bahkan lebih cepat dari negara asalnya, seri ketiga Hunger Games, Mockingjay [part1] sudah bisa dinikmati sejak Kamis 20 November 2014, sedangkan di Amrik sana baru bisa disaksikan keesokan harinya tanggal 21 November 2014.

Meneruskan seri sebelumnya saat terakhir Katniss berhasil diselamatkan dari arena Hunger Games oleh distrik 13, Mockingjay secara garis besar menceritakan sepak terjang Katniss sebagai wajah simbol pemberontakan terhadap Capitol yang dimotori oleh distrik 13. Sementara Katniss aman di distrik 13, Peeta tidak berhasil diselamatkan dari arena pertandingan dan kini berada ditangan Capitol.

Mengadopsi tren buku seri yang di filmkan, buku ketiga seri Hunger Games ini-pun dibagi menjadi dua bagian, memberikan ruang cukup luas untuk memasukkan sedetil mungkin cerita asli bukunya kedalam layar, dan ini dilakukan dengan sangat baik dalam film ini. Kekompleks-an cerita dalam bukunya mampu tertuang dengan baik, jika ini dilakukan pada dua film sebelumnya (minimal menambah durasi film) mungkin akan membantu penonton yang belum membaca bukunya untuk lebih mengerti kompleks-nya hubungan Katniss - Peeta - Gale. Sebuah love triangle yang jauh lebih sweet daripada cerita Bella - Edward - Jacob yang penuh ke-lebay-an itu.


Sisi negatifnya kita harus menunggu cukup lama untuk menonton kelanjutannya walau memang disisi bisnis tentu saja lebih menguntungkan. Saya pribadi lebih memilih durasi panjang dibandingkan harus membagi film seri seperti ini menjadi dua part.

Dari berbagai sisi film ini cukup rapih, tidak ada yang dikeluhkan dari segi efek visual, cerita, musik, cast, semua melanjutkan seri keduanya yang sudah sangat baik. Nilai lebih untuk scoring nya, aransemen musik yang pas, dan nada khas Mockingjay yang disenandungkan sepanjang film mampu membangun mood dan emosi penonton. Jennifer Lawrence memang dilahirkan untuk memerankan Katniss, padanannya mungkin D.Radcliffe sebagai Harry Potter.


Overall seri ketiga ini sanggup memuaskan pembaca novel Hunger Games dan pastinya menarik bagi para penikmat film Hunger Games sebelumnya, walaupun cerita akan terpotong secara nanggung ditengah jalan. Sequel yang cukup solid dan layak dinanti...
happy watching.

MMDB : 90/100 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar