Jumat, 15 Agustus 2014

Transcendence [Movie Review]


Sudah lama rasanya tidak melihat Johnny Depp berperan tanpa berubah menjadi tokoh eksentrik, baik itu bajak laut dengan eyeliner hitam legam atau indian dengan burung mati sebagai hiasan kepala (well keduanya mirip sih), tapi sayangnya kehadiran Johnny Depp tampaknya tidak dapat membantu banyak di film ini, well mostly karena sebagian besar dia hanya tampil gambarnya saja di layar komputer sebagai Ai (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan.

Ceritanya Tiga ilmuwan yaitu Max (Paul Bettany) dan tim suami istri Will (Johnny Depp) dan Evelyn (Rebecca Hall) telah mengembangkan kode pemrograman untuk yang pertama pada komputer. Ketika sekelompok teroris anti-teknologi membunuh Will maka Evelyn meng-upload otaknya menjadi prototipe superkomputer. Ai Will menjadi super powerfull setelah terhubung ke internet dan lambat laun berubah jadi ancaman baru karena memiliki kekuatan yang tidak terbatas.

Alurnya yang tidak konsisten membuat jalan cerita berjalan sangat lambat dan membosankan di awal film, parahnya itu tidak diimbangi dengan jalan cerita yang menarik di awal film dan pengembangan karakter juga dirasa kurang berhasil. Talent sekelas Morgan Freeman-pun hanya terkesan sebagai tempelan saja. Terlepas dari chemistry yang buruk dari suami istri Will (Johnny Depp) dan Evelyn (Rebecca Hall) justru karakter Max mampu menjadi scene stealer, hampir seperti Max memiliki rasa cinta pada Evelyn yang menjadi istri sahabatnya, hampir seperti itu (setidaknya yang saya lihat).

Baru menjelang akhir tempo film menjadi lebih cepat dan seru, namun usaha membuat twist ending juga terkesan tanggung dan inconclusive hanya menyisakan rasa bingung yang dangkal, yang seolah-olah (dapat) membuat film ini lebih "berat", tapi tidak sampai membuat kita geregetan seperti waktu menonton ending film Inception.

Terlepas dari itu semua harus diakui ide cerita film ini cukup menarik juga relate dengan kehidupan masyarakat modern yang terlalu bergantung dengan teknologi, pesan moral yang disampaikan setidaknya cukup mengena dan membuat kita berpikir what if...


Mmdb : 70/100



Tidak ada komentar:

Posting Komentar